“Biasakan menyantap YOGHURT..”

Jangan sepelekan yogurt (produk makanan yang terbuat dari bahan susu ini) ketika Anda tengah menjalani program diet. Setidaknya itulah saran para peneliti yang telah menemukan bahwa dengan menambah yogurt sebagai makanan rendah kalori dalam menu sehari-hari, akan dapat membantu menghilangkan lemak perut.

Kesimpulan ini disampaikan peneliti dari Universitas Tennessee Michael Zemel PhD, yang meneliti sekitar 34 penderita kegemukan atau obesitas pada program diet rendah kalori. Sebanyak 16 dari mereka diminta untuk mengonsumsi pil diet yang mengandung 400 hingga 500 mg kalsium per hari. Sedangkan 18 orang lainnnya mengonsumsi kalsium tinggi diantaranya yogurt yang mengandung 1100 mg kalsium per hari.

Setelah 12 minggu penelitian ditemukan lemak perut mereka menyusut. Perbandingan dari kedua kelompok, yaitu kelompok pertama kehilangan kurang dari enam pound atau 3 kg dan kelompok kedua yang mengkonsumsi yogurt hilang sebanyak 10 pound atau 5 kg lemak.

Yogurt bukan saja membantu menghilangkan lemak perut sehingga menurunkan berat badan tapi juga yogurt menjaga berat otot dua kali lipat lebih efektif.

Dalam penelitian Zemel sebelumnya juga menunjukkan, kalsium terutama yang berasal dari kalsium produk susu dapat memperlambat proses terjadinya lemak tubuh sehingga disarankan bagi mereka yang tengah menjalankan program diet untuk mengonsumsi tiga kali produk susu rendah lemak atau bebas lemak setiap hari.

Yogurt juga sangat baik dipergunakan sebagai pendamping bagi mereka yang sedang mengonsumsi obat-obatan antibiotik. Karena yogurt dapat menggantikan bakteri baik yang mati akibat penggunaan antibiotik.

Yogurt diketahui efektif untuk mengobati diare dan disentri. Dengan mengonsumsi semangkuk yogurt setiap harinya secara signifikan dapat mengatasi keputihan, jamur, dan vaginitas pada wanita.

Walaupun yogurt tidak sepopuler di negara barat, khususnya masyarakat Eropa dan Amerika, terutama Belanda, Perancis dan Swiss, namun di Indonesia, minuman ini sebenarnya sangat mudah ditemukan di berbagai pasar swalayan. Bahkan di warung pojok jalan pun banyak kita temui dengan berbagai kemasan, warna dan cita rasa yang khas.

Istilah yogurt berasal dari bahasa Turki, yang berarti susu asam. Yogurt didefinisikan sebagai bahan makanan yang berasal dari susu dengan bentuk menyerupai bubur atau es krim, yang rasanya asam.

Yogurt dibuat melalui proses fermentasi dengan melibatkan dua jenis bakteri baik, yaitu streptococcus thermophilus dan lactobacillus bulgaricus. Kedua bakteri itu tergolong dalam bakteri asam laktat, karena kemampuannya menguraikan laktosa menjadi asam laktat.

Adanya asam laktat itulah yang menyebabkan yogurt menjadi asam. Proses fermentasi menyebabkan kadar laktosa dalam yogurt menjadi berkurang dan sebaliknya kandungan asam laktat menjadi bertambah, sehingga menimbulkan rasa asam.

Sesungguhnya manfaat yogurt sebagai minuman kesehatan bukan barang baru. Karena sejak dulu orang sudah meyakini bahwa yogurt memiliki banyak khasiat. Bangsa India meyakini yogurt sebagai obat perut mujarab, utamanya untuk meredakan gangguan pencernaan yang umum dan mengembalikan keseimbangan tubuh.

Wanita-wanita di Persia memanfaatkan yogurt untuk wajah dan percaya dapat menghilangkan keriput serta dapat menjaga kecantikan. Jika disimak, daftar khasiat yogurt yang dipercayai orang cukup panjang, mulai dari perawatan kulit, menetralkan racun, mengurangi sulit tidur (insomnia), mencegah diare, menambah kebugaran, hingga mencegah kanker, radang paru-paru dan memperkuat jantung.

Seperti telah dikemukakan di muka, bahwa yogurt dibuat dengan bantuan dua jenis bakteri menguntungkan, satu dari keluarga lactobacillus yang berbentuk batang (lactobacillus bulgaricus) dan lainnya dari keluarga streptococcus yang berbentuk bulat (streptococcus thermophilus).

Kedua bakteri yogurt itu merupakan bakteri penghasil asam laktat yang penting peranannya dalam percaturan mikroflora usus. Saat bertumbuh di usus, kedua bakteri ini mampu menciptakan keadaan asam yang menghambat bakteri lain. Bakteri penyebab penyakit yang umumnya tak tahan asam tidak mampu bertahan di lingkungan bakteri yogurt. Sehingga, mikroflora dalam usus didorong mendekati keadaan seimbang yang normal.

Karena itu umumnya sehabis menjalani pengobatan dengan antibiotika, misalnya, dokter menganjurkan pasien meminum yogurt. Tujuannya untuk memulihkan keseimbangan mikroflora usus. Itulah salah satu keuntungan yang ditawarkan oleh bakteri yogurt. Lebih daripada itu, banyak penelitian menunjukkan bahwa bakteri dalam yogurt dan susu fermentasi lain memberi ekstra manfaat bagi kita.

Sejumlah ahli membeberkan beberapa manfaat yang dapat dipetik dari konsumsi yogurt bilamana dilakukan secara teratur. Disebutkan, antara lain, yoghurt dapat menghasilkan zat-zat yang diperlukan oleh hati sehingga berguna untuk pencegahan penyakit kanker. Mikroba pada yogurt juga bermanfaat untuk proses pencernaan di dalam tubuh, sehingga baik sekali dikonsumsi bagi mereka yang memiliki masalah perut yang tidak beres.

Yogurt memiliki gizi yang tinggi, bahkan lebih tinggi dibandingkan susu segar. Kandungan lemak lebih rendah, sehingga cocok bagi mereka yang sedang menjalankan program diet rendah kalori. Yogurt memproduksi vitamin tambahan, meningkatkan nilai gizi serta membantu pertumbuhan.

Sebagai minuman yang berfungsi sebagai antimikroba, yogurt mampu melawan mikroba jahat di dalam tubuh. Yogurt mampu mengurangi kolesterol, karena selama pertumbuhannya bakteri yogurt menyerap sejumlah zat kolesterol ke dalam selnya.

Penyerapan itu dapat terjadi di usus kecil dan membantu mengurangi kolesterol dalam darah, sehingga dapat menghindari gejala penyakit jantung koroner. Yogurt diyakini bisa memerangi kanker dan tumor serta meningkatkan kekebalan tubuh. Lebih ekstrim lagi, karena kemampuan di atas, maka yogurt diyakini mampu memperpanjang umur.

Terlepas dari sakti-tidaknya bakteri yogurt, soal gizi yogurt sendiri tak perlu diragukan. Sebab yogurt dibuat dari susu, yang terkenal padat dengan zat gizi. Meski, seperti halnya susu, yogurt tidak mengandung vitamin C dan zat besi dalam jumlah cukup untuk kebutuhan tubuh, tapi yogurt merupakan sumber yang baik untuk protein, fosfor, kalsium, megnesium, dan juga kalori.

Bakteri yogurt menawarkan banyak manfaat, tapi manfaat tersebut ada selama bakteri dalam yogurt masih hidup dan aktif. Saran Dr McGill, Profesor dari Mayo Medical School Minesotta, bila membeli yogurt, pastikan bahwa kita memilih merk dengan label yang menerangkan bahwa produk tersebut mengandung kultur aktif yang masih hidup.

Dengan kultur hidup, setelah masuk ke dalam usus, kultur yogurt itu langsung aktif dan mulai bekerja memecah laktose menghasilkan asam laktat. McGill menambahkan, hindari mengkonsumsi yogurt yang sudah dibekukan, karena terlalu sedikit bakteri yang masih berfungsi, sehingga tidak akan didapatkan manfaat yang diharapkan dari minuman ini.

Jika sebagian besar bakteri yang telah mati, yogurt menjadi tak lebih dari sekadar minuman susu yang bergizi.

Di samping itu manfaat yogurt akan terasa bilamana kita mengkonsumsinya secara teratur. Jadi minumlah yogurt dalam jumlah cukup dengan teratur. Biasakan untuk menghantam usus dengan yogurt setiap hari. Jangan mengharapkan keajaiban hanya dengan meminum yogurt satu kali saja, karena yogurt bukan obat kuat atau doping!

 

sumber www.suarakarya-online.com

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: